Tanda-Tanda Ketika Tubuh Tak Sehat

Saat tak sehat, tubuh kita ternyata mengirim sinyal-sinyal tertentu. Misalnya saja, saat demam yang berkaitan dengan infeksi atau gatal-gatal karena alergi. Namun, kadang ada tanda-tanda yang luput dari perhatian, meskipun terjadi pada salah satu bagian tubuh kita.

Majalah Self Magazine terbitan Mei 2011 memaparkan tanda-tanda yang bisa kita lihat pada anggota tubuh kita yang bisa menentukan kesehatan kita di masa mendatang :

1. Jari-jari membengkak
Kita semua tahu kalau makanan yang asin dan pramenstruasi bisa menyebabkan pembengkakan. Namun, jika terjadi getaran pada tubuh, cincin tidak lagi muat, periode menstruasi Anda tidak tepat waktu, bengkak semacam ini bisa berarti hypothyroid, yaitu kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk mengatur metabolisme dan membuat tubuh bekerja dengan baik. Tiroid yang tidak diobati dengan benar bisa menyebabkan kekakuan, libido menurun dan kadang (pada tingkat yang sangat ekstrim) bisa menyebabkan kegagalan jantung. Tes darah sederhana bisa menunjukkan apakah tiroid Anda menurun. Pil hormon bisa membantu hormon dan juga jari Anda kembali normal.

2. Telapak tangan memerah
Gatal-gatal, panas pada telapak tangan bisa menunjukkan gejala eczema, penyakit kulit kronis yang bisa menjadi semakin buruk jika Anda stres. Untuk menghambat iritasi, hindari pemicu potensial, seperti mengurangi pemakaian sabun dan menggunakan sarung tangan saat bersih-bersih atau berkebun. Jika hal tersebut tidak dapat membantu, kemerahan pada telapak tangan bisa berarti alergi pada nikel yang terdapat di perhiasaan, bahan kimia pada produk, atau antibiotik. Alergi seperti itu bisa sangat mengganggu, namun dokter Anda bisa melakukan tes dan menyarankan hal-hal yang harus Anda hindari. Pengecualian untuk ibu hamil, selama masa kehamilan, aliran darah meningkat di seluruh tubuh sehingga menyebabkan kemerahan sementara.

3. Kuku tampak pucat
“Kuku biasanya akan berubah menjadi putih jika Anda tekan dan akan kembali berwarna pink jika tekanan Anda lepaskan, ” ujar Dr. Anthony Martinez, Asisten Profesor pada University of California. Jika kuku Anda tetap memutih lebih dari satu atau dua menit usai Anda lepaskan, maka kemungkinan Anda kekurangan vitamin.

4. Kebas, ujung jari berwarna biru
Ujung jari berwarna biru bisa berarti menunjukkan gejala penyakit yang disebut sindrom raynaud, yaitu kondisi ketika jaringan darah berkontraksi hingga menghambat laju darah ke jari-jari (timbul rasa kebas) dan terjadi pada 5-10 persen orang di dunia. “Biasanya terjadi pada wanita dan pemicunya adalah suhu dingin atau stres, ” ujar Dr. Martinez. Raynaud, merupakan penyakit kronis, tapi bukan satu hal yang mengkhawatirkan kesehatan, kecuali kejadian kebas ini berlangsung lebih dari satu jam. Cara mencegahnya, hentikan merokok, kurangi kafein, dan pergi ke pusat kebugaran secara teratur.

5. Kuku tidak berwarna
Kuku yang tidak ada warnanya bisa berarti ada jamur atau juga gejala diabetes. “Sistem imun diabetes dan jaringan bisa pecah sehingga bisa menimbulkan lingkungan yang menyebabkan bakteri dan jamur tumbuh subur,” Ujar Dr. Kim. Dokter Anda bisa menyampaikan kebiasaan untuk mengecek gula darah, seperti menghindari makanan kemasan dan beralih ke makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jika terdapat jamur, pengobatan awal bisa menghilangkannya. Jika tidak, gunakan tusuk gigi untuk membersihkan kuku.

6. Jari telunjuk pendek
Wanita yang mempunyai jari telunjuk lebih pendek dari jari manis kemungkinan besar berisiko terkena osteoarthritis dan sindrom polisistic ovarium, kondisi kelainan hormon yang bisa mengganggu kesuburan. “Kebanyakan hormon testosteron di dalam uterus, yang berkaitan dengan masalah kesehatan tulang, kesuburan dan perkembangan kardiovaskular, bisa membuat jari manis lebih panjang, ” ujar Dr. John Manning, Ph.D., penulis The Finger Ratio. Namun, ia berpendapat rasio ini tidak bisa dijadikan indikator terhadap suatu risiko atau imunitas. Mengontrol berat tubuh akan membantu melindungi persendian, kesuburan dan jantung Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: